1. Pengertian Penawaran
Penawaran atau yang sering disebut supply adalah kuantitas barang dan jasayang tersedia dan dapat ditawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu. Pengertian ini berlaku dengan menganggap hal-hal lain selain harga tetap konstan (ceteris paribus).
2. Hukum Penawaran
Dalam hukum penawaran, harga memainkan peran penting dalam mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Semakin tinggi harga semakin tinggi pula kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah harga suatu barang dan jasa, semakin rendah pula kuantitas barang dan jasa tersebut yang ditawarkan. Semua itu seperti yang sudah dijelaskan pada bunyi hukum penawaran yaitu "Apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila harga dan jasa menurun, maka kuantitas yang ditawarkan juga akan semakin menurun, ceteris paribus."
3. Kurva Penawaran
Kurva penawaran adalah informasi berupa grafik yang menggambarkan tentang kuantitas suatu barang dan jasa yang ditawarkan selama periode waktu tertentu pada berbagai tingkat harga, dengan asumsi faktor-faktor lainnya konstan. Gambar dibawah ini merupakan contoh tabel penawaran yang diubah menjadi grafik atau kurva penawaran.
4. Pergeseran Kurva Penawaran
Seperti
halnya permintaan, penawaran tidak jasa dipengaruhi oleh harga. ada
banyak faktor yang mempengaruhi kuantitas penawaran akan sebuah barang
dan jasa. Beberapa di antaranya adalah kemajuan teknologi, biaya
produksi, persediaan sarana produksi, peningkatan jumlah produsen,
peristiwa alam, ekspetasi atau harapan produsen, harga barang dan jasa
lain. Sebagai peraga, lihat gambar dibawah ini.
5. Fungsi Penawaran
Fungsi
penawaran adalah fungsi untuk menunjukkan hubungan antara harga
barnag/jasa dan jumlah barang/jasa yang ditawarkan. Secara matematis,
fungsi penawaran dapat ditulis sebagai berikut :
Dimana :
Qs = kuantitas penawaran
Ps = harga barang atau jasa
a, b = konstanta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar