Pages

Sample text

Rabu, 29 Mei 2013

PERMINTAAN DALAM ILMU EKONOMI

1. Pengertian Permintaan

    Permintaan atau bisa disebut demand adalah keinginan yang disertai dengan kemampuan untuk membeli baranf dan jasa pada tingkat harga dan waktu tertentu. Ada tiga hal penting dengan konsep permintaan ini. Pertama, kuantitas yang diminta merupakan kuantitas yang diinginkan. Hal ini menunjukan berapa banyak yang ingin dibeli konsumen berdasarkan harga barang tersebut, harga barang lain, pendapatan dan selera. Kedua, keinginan konsumen tersebut disertai oleh kemampuan serta kesediaan untuk membeli. Jadi, merupakan permintaan efektif. Ketiga, kuantitas yag diminta dalam satuan waktu. Artinya, jika disebutkan bahwa kuantitas televisi yang diminta di Kota Jakarta adalah 20.000 unit, maka harus jelas apakah 20.000 unit tersebut per hari, per bulan, atau per tahun. Penjuala televisi 20.000 per hari adalah angka yang sangat fantastis. Berbeda jika kita katakan bahwa penjualan tersebut adalah per tahun.

2. Hukum Permintaan
    Harga memainkan peran penting dalam mempengaruhi kuantitas yang diminta. Semakin tinggi harga, semakin rendah jumlah yang diminta. Sebaliknya, semakin rendah harga barang dan jasa, semakin banyak jumlah yang diminta. Terlihat disini bahwa ada hubungan terbalik antara tingkat harga dengan jumlah barang dan jasa yang diminta. Fenomena ini pada intinya merupakan isi dari hukum permintaan. Lebih jelasnya hukum permintaan berbunyi "Apabila harga suatu barang dan jasa meningkat, maka kuantitas yang diminta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas yag diminta akan meningkat, ceteris paribus"

3. Kurva Permintaan
    Ada 3 istilah pada subbab ini yaitu kuantitas yang diminta (quantity demanded), tabel permintaan (demand schedule) dan kurva permintaan.
  Kuantitas yang diminta mengacu kepada kuantitas barang dan jasa yang ini dibeli konsumen pada tingkat harga dan waktu tertentu, ceteris paribus.
    Tabel permintaan adalah tabel yang menunjukkan kuantitas barang dan jasa yang diminta selama periode waktu tertentu pada berbagai tingkat harga, dengan asumsi faktor-faktor lainnya konstan. Informasi yang disajikan dalam tabel permintaan tersebut selanjutnya dapat digambarkan dalam sebuah kurva yang dinamakan kurva permintaan.
   Kurva permintaan adalah grafik yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah komoditas yang ingin dan dapat dibeli konsumen.

4. Pergeseran Kurva Permintaan
    Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kuantitas permintaan barang dan jasa. Diantaranya adalah harga barang pengganti (substitusi), pendapatan, jumlah produk, dan selera. Pengatuh yang diakibatkan oleh perubahan faktor-faktor ini terhadap permintaan adalah bergesernya kurva permintaan ke kiri  atau ke kanan. Adapun faktor lain yang menyebabka kurva permintaan bergeser antara lain :
- Harga barang komplementer dan barang substitusi
- Jumlah pendapatan
- Jumlah dan karakteristik penduduk
- Perubahan tradisi, mode, dan selera masyarakat
- Perkiraan dan harapan masyarakat
- Hari raya keagamaan
- Kondisi sosial dan ekonomi
5. Fungsi Permintaan
    Fungsi permintaan adalah fungsi yang menunjukan hubungan antara harga barang/jasa dan jumlah barang atau jasa yang diminta. Secara matematis, fungsi permintaan dapat ditulis sebagai berikut :
dimana :
QD = kuantitas permintaan
PD = harga barang atau jasa
a, b= konstanta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar